oleh

BUPATI TTS LAUNCHING PKH, TANAMAN DAN MENANAM AIR

Zonalinenews-TTS,- Menanam merupakan kegiatan memelihara bumi dan alam sekitar, kemudian akan dimanfaatkan oleh kita sendiri dan juga orang lain, terutama generasi penerus. Dengan menanam air, kita akan memanen, memanfaatkan lahan yang tak terpakai untuk ditanam sehingga menopang pangan rumah tangga, juga dapat menambah penghasilan rumah tangga.

“Jadi tidak hanya menanti bantuan PKH kapan akan diterima,” tutur Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) Eugusem P. Tahun  Selasa 11 Februari 2020 pada kegiatan Launching penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I tahun 2020 tingkat kabupaten TTS bersama BRI SoE di desa Tubuhue Kecamatan Amanuban Barat.

Menurut Bupati TTS, bantuan itu untuk memberdayakan masyarakat dan mengangkat dari keterbelakangan, tetapi harus diimbangi dengan kerja nyata dan punya prinsip. sehingga bantuan yang diberikan mempunyai nialai tambah.

Bupati Tahun berpesan kepada pendamping PKH agar dalam penyaluran dana PKH, pendamping melakukan pengecekan terhadap anggota KPM telah menanam baru disalurkan.apabila belum tanam maka tidak boleh ada penyaluran dana, tindakan ini dimaksudkan agar melatih anggota KPM untuk berkomitmen dan melakukan atas dasar kesadaran akan manfaat bagi dirinya sehingga tidak seolah-olah dipaksakan.

Kepada kepala desa Tubuhue Melkias Nenotek, Bupati Tahun berpesan secara maksimal memanfaatkan kebun kolektif desa karena bila pada saat tertentu masyarakat yang kesulitan, dapat dibantu dari hasil kebun kolektif desa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati TTS melihat langsung tanaman yang ditanam anggota KPM, serta melakukan penanaman simbolis berupa anakan pisang dan dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bantuan PKH tunai kepada salah satu anggota KPM PKH desa Tubuhue.

Sementara itu Kadis Sosial TTS Nikson Nomleni menjelaskan launching penyaluran bantuan program PKH tahap I tingkat kabupaten TTS tahun 2020, Penerima PKH di kabupaten TTS sebanyak 42.449 orang KPM dengan jumlah anggaran sebesar 39.809.975.000, sedangkan khusus untuk kecamatan Amanuban bBarat jumlah KPM 2.272 orang dengan jumlah bantuan dana sebesar 2.209.700.000.

Menurutnya, khusus untuk desa Tubuhue terdapat sebanyak 284 KPM dengan besaran bantuan sebesar 255.825.000.

dikatakan Nikson Nomleni, beberapa desa yang sudah selesai membuat kebun kolektif dan melakukan penanaman anakan maupun menanam air adalah desa Nunleu, Toi, Nifuleo, Toianas, Skinu, Benlutu dan desa-desa yang lain walau sampai saat ini ada yang belum diinformasikan oleh pendamping bgai desa yang belum melakukan penanaman.

” Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan KPM PKH dan menindaklanjuti arahan bupati TTS, Menurut Nikson, penerima bantuan PKH harus menanam dalam kebun kolektif desa ataupun dalam kebun kelompok PKH, maka penerima bantuan PKH sudah melakukan arahan tersebut dengan membuat kebun kolektif ataupun kebun kelompok yang ditanami dengan berbagai tanaman seperti pisang, Ubi kayu (singkong) dan lain lain,”tutur Kadis.

Ia menjelaskan, kegaiatan launching ini untuk seluruh desa di TTS, namun kegiatannya dilaksanakan di desa Tubuhue Kecamatan Amanuban Barat dengan menghadirkan selain KPM PKH desa Tubuhue, juga menghadirkan semua pendamping desa sehingga diharapkan setelah launching ini, masing masing pendamping PKH dan KPMnya sudah dapat melakukan pencairan dana bagi KPM masing-masing namun tetap harus dipastikan kalau setiap KPM telah melakukan penanaman pada kebun kolektif karena akan ada tim kabupaten yang dibentuk oleh Dinas untuk melakukan pengecekan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan penanaman dalam menunjang pangan rumah tangga anggota KPM pada program PKH, juga kedepan ada juga dapur PKH di tiap rumah anggota KPM seperti dapur hijau dengan menanam tanaman obat-obatan maupun tanaman hijau yang merupakan tanaman konsumtif rumah tangga sehari hari,”ungkap Kadis Nikson Nomleni.

Pendamping PKH desa Tubuhue, Cendana Pandie kepada zonalinenews menyampaikan penyerahan simbolis akan diberikan langsung oleh BRI Cabang SoE dan tentunya dengan turut disaksikan semua yang hadir dan terutama bupati TTS Eugusem P. Tahun yang menyerahkan secara simbolis babtuan tunai kepada KPM desa tubuhue.

Salah satu anggota KPM desa Tubuhue Ety Mengge Bansae menuturkan, sebagai anggota KPM pihaknya menyesuaikan dengan program PKH karena tentunya ada manfaat bagi kami KPM dalam simpul keakraban dan kebersamaan untuk menunjang keberhasilan program dan paling utama kami anggota KPM dapat berhasil secara bersama-sama.(* Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT