oleh

Kadis Sosial TTS Hadiri Klarifikasi KPM dan Pendamping PKH Desa Bijeli

Zonalinenews-TTS,- Bertempat di lopo pertemuan desa Bijeli Kecamatan Polen Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS),Senin 10 Februari 2020, Kadis Sosial TTS, Nikson Nomleni menghadiri klarifikasi Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) desa Bijeli, Lomersis Boymau dan juga turut hadir Operator Administrator Pangkalan Data Alfred Missa.

Klarifikasi dilakukan sebagai tindak lanjut atas evaluasi internal antara Kadis Sosial TTS bersama pendamping PKH desa Bijeli serta koordinator Kabupaten PKH beberapa waktu lalu atas aduan anggota KPM desa bijeli ke Komisi IV DPRD TTS dan Dinsos TTS.

Kadis Sosial TTS menyampaikan klarifikasi yang dilakukan harus selesai dan ada hasilnya sehingga ketika DPRD meminta untuk dilaporkan hasil klarifikasi dan evaluasi, dirinya dapat menyampaikan tindakan penyelesaian sudah dilakukan sesuai fakta-fakta karena pengaduan sudah disampaikan ke Komisi IV DPRD TTS.

“Hasil klarifikasi juga bukan berarti serta merta besok kadis Sosial langsung memberhentikan pendamping karena ada mekanisme sesuai regulasi yang harus dijadikan acuan,”tutur Nikson.

Nikson Nomleni berharap anggota KPM desa Bijeli menyampaikan kekurangan-kekurangan yang ada agar diselesaikan bersama-sama dengan pendamping sehingga perbedaan yang ada hari ini juga terselesaikan.

Menurut Nikson, klarifikasi ini lebih difokuskan pada KPM yang merasa ada kekeliruan perhitungan saat penyaluran agar antara anggota KPM dan pendamping saling meluruskan perbedaan sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Sementara itu Ketua KPM PKH desa Bijeli, Ersina Mella menyampaikan kekeliruan yang terjadi dan sampai adanya pengaduan baik ke Dinas Sosial TTS maupun Komisi IV DPRD TTS sebenarnya bagi kami anggota KPM PKH desa Bijeli kecamatan Polen adalah bukan pemotongan, namun bagi kami menganggap hanya sebagai penundaan pelunasan sehingga hari ini kita berkumpul untuk melakukan pelunasan yang akan disaksikan oleh semua yang hadir serta Kadis Sosial TTS.

Pendamping desa Bijeli, Lomersis Boymau menjelaskan kalau ada kekeliruan perhitungan oleh anggota KPM ibarat nilai yang diterima anak saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama dan berubah saat anak duduk dibangku Sekolah Menengah Atas.

Lanjutnys, otomatis nilai komponen akan berubah menurun bukan meningkat sehingga masyarakat masih tetap berpatokan pada saat anak masih di SMP. Dan terkait kekurangan, sebagai pendamping dirinya bertanggungjawab melunasi sisa pembayaran tahap pertama yang tertunda pelunasannya.

Pendamping Lomersis juga menyampaikan khusus untuk Lansia tunggal, oleh negara tidak lagi melakukan pembiayaan pada program PKH. karena secara sistem, Lansia tunggal dialihkan ke bidang rehabilitasi dan bukan lagi tergolong ke program PKH.

Kepada anggota KPM, Kadis Sosial berpesan agar informasi klarifikasi dan penyelesaian perbedaan ini disampaikan juga kepada anggota yang tidak sempat hadir, dan juga termasuk kepada anggota DPRD TTS terutama komisi IV apabila ada yang berkunjung ke desa dan membutuhkan informasi penyelesaian perbedaan perhitungan antara anggota KPM dan pendamping PKH desa Bijeli.

Kadis Nikson Nomleni mengingatkan kepada anggota KPM yang hadir, kalau penerimaan berikut atau tahap dua dan seterusnya. Setiap anggota KPM diseluruh desa di TTS termasuk di desa Bijeli wajib menanam tanaman produktif untuk dikonsumsi baru bisa dicairkan dana setiap anggota KPM karena ini merupakan program Bupati yang harus sama-sama tindaklanjuti dan jelas akan punya manfaat lebih bagi anggota KPM PKH dikemudian hari.

Diakhir pertemuan klarifikasi menyepaki point kesepakatan antara KPM PKH desa Bijeli dan pendamping PKH desa Bijeli terkait penyaluran bantuan tahap satu pada tanggal 4 Februari 2020 lalu.

Point kesepakat tersebut antara lain , pertama Terhadap kekurangan nilai nominal bantuan PKH tahap I tahun 2020, maka telah dilakukan penyelesaian dengan cara pembayaran kembali sesuai dengan jumlah yang tertera pada form kontrol, kedua. Kedua belah pihak baik anggota KPM serta Pendamping PKH, sepakat untuk menyelesaikan persoalan atau perbedaan secara kekeluargaan.

ketiga, point kesepakatan dalam Berita Acara penyelesaian masalah ditandatangani oleh 5 orang anggota KPM PKH desa Bijeli, termasuk ketua kelompok serta turut mengetahui Kadis Sosial TTS Nikson Nomleni. (*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT