oleh

Seleksi Perangkat Desa di TTS, Hari Ini Dilaksanakan Secara Serentak di 32 Kecamatan

Zonalinenews-TTS,- Pelaksanaan seleksi perangkat desa se Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) hari ini dilaksanakan secara serentak di 32 kecamatan dalam wilayah TTS.

Sesuatu yang belum pernah dilakukan, dan sangat bangga dengan dilaksankan seleksi perdana, ungkap Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten TTS, George D Mella Kamis 13 Februari 2020.

 

Menurutnya, proses seleksi perangkat desa se TTS dilaksanakan dalam tiga tahap, dimana pada hari ini serentak dilaksanakan seleksi tertulis mulai pukul 11:00 wita hingga pukul 12:30 wita. dan seleksi ini merupakan seleksi lanjutan dari seleksi administrasi yang sudah dilaksanakan pada beberapa waktu lalu.

Seleksi ini akan kemudian tersaring 2410 orang perangkat desa dan sekertaris desa untuk 266 desa di TTS.

Dikatakannya, total peserta yang berhak mengikuti seleksi sebanyak 4.359 orang dan apakah semuanya ikut seleksi atau tidak. Datanya tentu belum terampung, total yang tidak ikut seleksi dari 32 kecamatan yang ada.

Lanjut Melle, disetiap kecamatan proses seleksi terpusat pada satu titik dan melibatkan panitia dari unsur kecamatan, desa dan masyarakat dari masing masing desa selain panitia kabupaten.

“Hal ini dimaksudkan agar adanya pelibatan semua komponen desa sehingga hasilnya betul betul dapat menghasilkan perangkat desa yang berkualitas, yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan saat ini serta mampu melayani masyarakat secara maksimal dikemudian hari,”tuturnya.

Ia menjelaskan, seleksi dilakukan dari tanggal 13-21 Februari 2020 dan pengumuman hasil seleksi sebelum bulan Maret 2020, dimana hasil seleksi adalah bobot penilaian tertinggi secara berurutan hasil bagi tiga tahap seleksi dan yang dinyatakan lolos seleksi akan dilantik pada 9 April rencananya namun yang jelasnya akan disesuaikan dengan petunjuk Bupati TTS.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD TTS, Uksam Selan ketika ditemui zonalinenews dilokasi seleksi tingkat Kecamatan Amanuban Barat di SDI Neonmat. Ia Memberikan apresiasi kepada Pemerintah daerah TTS yang sudah menindaklanjuti harapan masyarakat sehingga masyarakat tidak lagi bertanya-tanya.

Uksam berharap adanya indenpendensi panitia dalam menindaklanjuti seleksi yang sementara dilaksanakan, sehingga proses ini sesuai regulasi agar betul betul menghasilkan aparat yang sesuai dengan harapan. Dan kepada peserta.

Ketua Komisi I berharap peserta mengikuti seleksi tertulis secara baik karena seleksi tertulis merupakan ending nilai terbaik, dan pada proses pemeriksaan juga, panitia harus bersifat objektif.

Camat Amanuban Barat, Jasen Fallo yang juga sebagai Ketua panitia tingkat kecamatan berharap peserta dari 8 desa yang berjumlah 173 orang, pada akhirnya dapat terseleksi secara baik terutama sekertaris desa yang nota bene nantinya adalah non ASN, mampu melaksanakan tugas dengan baik dikemudian hari.

Menurut Camat, adanya hasil seleksi perangkat desa yang memadai dalam mendukung kepala desa saat melakukan tugas karena selama ini keluhan kepala desa kebanyakan adalah minimnya sumberdaya perangkat dan pas-pasan.

“Objektivitas tidak diragukan karena dari penyusunan soal saja sangat rahasia, dan juga tersegel ketika diantar oleh panitia kabupaten ke panitia kecamatan dan desa yang dikawal secara ketat” ungkap Camat. (*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT