Mantan Menkes RI Dampingi Bupati Deno Resmikan 3 Gedung Baru di RSUD Ben Mboi

Bagikan:

Zonalinenews-Manggarai,- Tiga unit gedung baru masing-masing berlantai tiga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ben Mboi Ruteng telah diresmikan oleh Bupati Manggarai, Rabu 19 Maret 2020.

Anggaran dari masing-masing gedung itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Gedung Instalasi Farmasi dengan nilai kontrak Rp 10.048.2026.612, dan dikerjakan oleh PT. Mina Fajar Abadi.

Gedung Rawat Inap senilai Rp 9.976.326.394 yang dikerjakan PT. Kasih Sejati Perkasa, dan Gedung Instalasi Radiologi senilai Rp 9.064.786.549 dengan kontraktor pelaksana PT. Megatama Permai.

Dalam acara peresmian tiga gedung mentereng RSUD Ben Mboi ini dihadiri oleh mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia era kepimpinanan Susilo Bambang Yudhoyono , dr. Andi Nafsiah Walinono Mboi, Sp.A., M.P.H.

Selain meresmikan tiga unit gedung megah itu, Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan Indonesia Ke-19 ini turut menghadiri peresmian patung dokter Ben Mboi.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Manggarai Deno Kamelus dan Nafsiah Mboi yang merupakan perwakilan keluarga dokter Ben Mboi. Nafsiah Mboi juga turut mendampingi Bupati Deno Kamelus dalam acara pengguntingan pita dari masing-masing tiga unit gedung itu.

Pengguntingan pita pada gedung Instalasi Farmasi dilakukan oleh ketua DPRD Manggarai Matias Masir, sementara, penguntingan pita pada Gedung Rawat Inap ini dilakukan oleh Bupati Manggarai Deno Kamlelus dan pada gedung Radiologi oleh Wakil Bupati Manggarai Vicktor Madur.

Dalam sambutannya, Nafsiah Mboi meminta pelayanan di RSUD Ben Mboi untuk selalu mengikuti teladan dokter Ben Mboi.

BACA JUGA:   Enam Bulan Terpilih, BPD Rakateda I Ngada Belum Dilantik

“Tentu dalam pelayanan diutamakan keramahan, dan memberikan rasa nyaman bagi para pasien,” kata Nafsiah

Semua yang dilakukan itu, sambung dia, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bupati Manggarai Deno Kamelus dalam sambutannya menyampaikan, dokter Ben Mboi merupakan seorang toko h yang memiliki banyak inspirasi.

“Banyak hal yang telah dilakukan oleh pak Ben Mboi bukan hanya untuk rakyat NTT atau Manggarai saja tetapi untuk Indonesia secara keseluruhan,” tutur Deno

Ia menilai, Ben Mboi merupakan tokoh yang penuh ispirasi dan sprit bagi siapa pun yang mengenal beliau. dia seorang tentara, dokter dan akademisi.

Setelah kita membaca buku tulisan dokter Ben Mboi atau mengetahui sejarah kehidupannya, hal itu yang menjadi inspirasi bagi kita semua, termasuk yang kerja di rumah sakit. Sehingga, sambung Deno, sebagai bentuk terima kasih terhadap jasa-jasa dokter Ben Mboi maka nama Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng menjadi RSUD Ben Mboi Ruteng.

“Kita tidak boleh melupakan jasa dan karya dari para pendahulu kita. Karena mereka telah memberikan sesuatu hal yang terbaik untuk Manggarai sehingga sampai saat ini Manggarai selalu mengalami perubahan. Semangat nasionalisme pak Ben Mboi tak perlu diragukan, itu salah satu hal yang ditemukan dalam diri beliau,” cetusnya.

BACA JUGA:   Bagunan Keluarga Haba Tanpa IMB Dibongkar Pol PP

Pembangunan gedung-gedung baru di RSUD Ben Mboi, Deno menjelaskan, merupakan bagian dari cara untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara itu, lanjut dia, pembangunan fasilitas-fasilitas pelayanan dasar kesehatan dari waktu ke waktu mengalami perubahan.

“Misalnya, telah dibagun berbagai puskesmas dan poskesdes di masing-masing kecamatan. Tentu hal ini merupakan pembangunan berkelanjutan dan mengalami suatu perubahan,” tandasnya.

Di akhir sambutannya, Deno menyampaikan terima kasih kepada mantan Menkes RI dan para undangan yang hadir.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada ibu Nafsiah Mboi dan rombongannya yang hadir dalam meresmikan patung Ben Mboi sekaligus peresmian tiga unit gedung baru RSUD Ben Mboi Ruteng. Kami sadari begitu banyak hal telah dilakukan oleh ibu Naf untuk Manggarai,” ungkap bupati Deno.

Turut hadir dalam peresmian tiga unit gedung baru ini adalah Uskup Adminstrator Apostolik Keuskupan Ruteng, Mgr Silvester San Pr, Mantan Menkes RI Nafsiah Mboi, Bupati Manggarai DR Deno Kamelus SH MH, Wakil Bupati Manggarai, Drs Viktor Madur, Sekda Manggarai Drs Fansi Aldus Jahang, ketua DPRD Manggarai,Matias Masir S.pd, Wakil Walikota Kupang dr. Herman Man, Kasdim 1612 Manggarai Mayor Chb I Wayan Subrata, Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo SH SIK,
Direktur RSUD Ben Mboi Ruteng dr Imaculata Veronica Djelulut M.Kes, Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng , Irwahida MS,S.Ag.MH berserta OPD Kabupaten Manggarai.(*Kons Hona)


Bagikan:
Advertisement