Banjir di Tiga Desa, Hasil Panen 2 KK di Desa Skinu Terendam Lumpur

Bagikan:

Zonalinenews-TTS,- Tiga di kecamatan Toianas dan Kecamatan Boking yakni desa Skinu Kecamatan Toianas, desa Fatumanufui dan desa Meusin kecamatan Boking Kabupaten Tomir Tengah selatan (TTS) mengalami banjir akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi sejak malam hingga pagi hari Jumat 22 Mei 2020 di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Bupati TTS langsung melakukan monitoring per telepon akan kondisi masyarakat terdampak

Terhadap informasi yang diperoleh, Bupati TTS Egusem P. Tahun, ST. MM langsung bertindak dengan menelepon camat Toianas Adi Boimau dan melakukan pengecekan serta mengarahkan agar segera melaporkan kondisi masyarakat yang terdampak banjir atau genangan air pada rumah masyarakat.

“Data rumah nasyarakat yang terendam banjir dan segera informasikan berapa Kepala Keluarga (KK) yang terdampak akibat banjir, kerugian apa saja yang dialami masyarakat,” Pesan Bupati Tahun.

Sementara itu per telepon, camat Toianas menginformasikan kalau dirinya sementara berada di lokasi yakni desa Skinu bersama tim kecamatan dan kepala desa skinu dan sementara melakukan pendataan.

BACA JUGA:   Amor Patria Mendukung Program Pemkot Kupang

Sesuai hasil pantauan camat bersama tim kecamatan toianas dan kepala desa (kades) skinu, di duwun botaf yang sering rawan banjir setiap tahunnya, dan hingga sekitar pukul 22:30 wita, masyarakat masih aman dan dapat melakukan aktifitas seperti biasa.

“Tadi malam hujan cukup deras sampai pagi, mengakibatkan noeponof meluap dan hanya menggenangi saja sebagian besar halaman rumah masyarakat dusun botaf,” kata Camat Toianas

Lanjut camat, sementara itu 10 rumah warga masyarakat yang terendam air setinggi mata kaki orang dewasa dan ada 8 kk yang rumahnya mengalami kerugian materi ataupun kerusakan.

Sedangkan ada 2 kk atas nama Des Nabuasa dan Marselina Kase mengalami kerugian berupa hasil panen terendam lumpur dan sampai saat ini curah hujan masih cukup tinggi dan masyarakat tetap dipantau serta dihimbau untuk selalu waspada. Juga masyarakat segera melapor jika ada kejadian luar biasa.

Seentara itu Bupati TTS pada kesempatan itu menyamapaikan atas laporan Camat Toianas, berdasarkan data riil yang disampaikan, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah TTS akan segera ke lokasi terdampak dengan membawa kebutuhan masyarakat sesuai laporan yang disampaikan camat Toianas. (*Elli)


Bagikan: