oleh

Sebanyak 112 KK di Desa Totomala Menerima Bantuan Langsung Tunai

Zonalinenews.com, Nagekeo – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa bisa menjadi solusi yang tepat dalam penanggulangan dampak Covid-19,anggaran ini juga bisa memperkuat peran pemerintahan di desa Totomala.

Selain itu dapat menjadi bukti kepedulian dan tanggung jawab pemerintah di desa terhadap kebijakan dalam mengatasi dampak Pandemik Covid-19 .

Turut hadir dan menyaksikan proses penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) ini, Anggota DPRD kabupaten Nagekeo Herman Pasyarany Gani, Camat Wolowae Geradus Mayolus Koro,S.sos ,Ketua BPD desa Totomala Emanuel Riwu , Babinsa , pendamping Dana Desa Totomala Kamilus Wilo , tokoh masyarakat dan 112 KK penerima BLT di Desa Totomala kecamatan Wolowae Kabupaten Nagekeo ,Sabtu 30 mei 2020.

Kepala Desa Totomala, Marianus Ngayu mengatakan, dalam merealisasi dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa ini telah sesuai dengan mekanisme dan petunjuk teknis, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut Marianus menyampaikan bahwa, jumlah Kepala Keluarga secara keseluruhan di desa Totomala ini 264 KK, tetapi yang berhak untuk menerima bantuan langsung tunai (BLT) hari ini hanya 112 KK dengan besaran bantuan yang secara totalnya Rp.600 ribu per kepala keluarga.

penyaluran berjalan lancar, transparan, tepat sasaran sesuai data yang berhak menerimanya,” ucap Marianus kepada wartawan ini.

Ketua BPD Desa Totomala Emanuel Riwu menjelaskan bahwa hari ini kita menang melawan pendemi Covid-19 ,mengapa demikian? , Karena hari ini kita hadir begitu banyak dalam rangka proses penyaluran BLT.

Lebih lanjut Eman yang juga mantan sekjen PMKRI ini menjelaskan bahwa data penerima BLT itu , semua bersumber dari RT,bukan bersumber dari kepala desa atau Aparat Desa,Dan untuk 112 KK penerima BLT hari ini mendapatkan Rp.1.800.00 per KK untuk tiga (3) bulan.jadi total pengeluaran untuk BLT dana desa itu Rp.201.600.000.

Camat Wolowae, Geradus Mayolus Koro,S.sos juga menyampaikan kepada seluruh warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) ini untuk gunakan tepat sasaran.

“Jangan gunakan uang BLT ini untuk beli rokok atau judi.Belanjakan sesuatu yang menjadi kebutuhan utama dalam rumah tangga bapak mama sekalian ,”ucap camat Wolowae.

Anggota DPRD kabupaten Nagekeo , Herman Pasyarany Gani di sela – sela proses penyaluran BLT berharap agar , data 112 KK penerima BLT harus benar dan telah disepakati sesuai juknis yg telah dikeluarkan Kementerian Desa bahwa calon penerima BLT-DD ini masuk kategori; bukan penerima PKH ,bukan penerima BPNT,bukan penerima kartu pra kerja ,bukan penerima Bantuan Sosial tunai (BST) dari kementerian sosial.

Politisi muda Nagekeo ini menegaskan bahwa jangan sampai masih ada warga kurang mampu yang terlupakan pada saat pendataan oleh para RT dan team relawan dan juga tidak masuk dalam data penerima bantuan sosial dari negara.

“Pada kesempatan ini saya meminta kepada pemerintahan kecamatan dan pemerentahan Desa untuk mendata seluruh warga masyarakat ini secara baik sehingga kedepan bisa mendapatkan bantuan Sosial lainnya dari negara,” tutup Herman Pasyarany Gani.(*
Nasan Kua)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT