oleh

Bersama Bareskrim dan Babinsa, Mahasiswa KKN UM Bagikan 1000 Masker untuk Desa Pakisjajar

-Tak Berkategori

Zonalinenews-Malang Raya,- Covid 19 menjadi salah satu trending topik dibidang kesehatan yang tak lagi asing terdengar di masyarakat. Covid 19 merupakan wabah baru yang kini menjadi pandemi. Tak bisa dianggap remeh, covid 19 ini memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan bahkan menyebabkan kematian.

Kurva kenaikan jumlah pasien covid 19 di Indonesia pun terus mengalami kenaikan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya memutus mata rantai penularan covid 19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kerjasama dan partisipasi berbagai belah pihak juga penting dilakukan dalam upaya pencegahan covid 19. Salah satunya yaitu partisipasi mahasiswa yang menjadi peran penting untuk mengabdi di masyarakat.

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu kampus di Kota Malang yang tetap melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah pandemi ini.

kuliah kerja nyata yang dilakukan yaitu “KKN Edisi Covid 19”, dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi pendidikan hingga solusi di masa pandemi.

KKN Desa Pakisjajar merupakan salah satu kelompok kuliah kerja nyata yang ditempatkan di Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Kegiatan KKN tersebut di dampingi oleh Drs. Sholichin S.T.,M.Kes selaku dosen Universitas Negeri Malang.

Ada berbagai program kerja yang dilakukan pada kegiatan KKN Edisi Covid ini salah satunya yaitu program kerja 1000 masker untuk Desa Pakisjajar.
Lalu, bagaimana pelaksanaan KKN edisi Covid 19 ?
KKN Edisi Covid 19 dilakukan berbasis online dan Work From Home (WFH) serta mematuhi aturan protokol kesehatan sebagaimana yang telah disampaikan oleh Drs. Sholichin S.T.,M.Kes selaku DPL KKN Desa Pakisjajar.

“Mahasiswa yang ke desa harus patuhi protokol kesehatan, memakai masker, membawa handsanitizer, sabun cuci tangan dan berperilaku sebagaimana protokol kesehatan Covid 19,” ujarnya.

Program kerja 1000 masker KKN Desa Pakisjajar dalam pembuatannya “setiap individu anggota KKN Desa Pakisjajar memproduksi 50 masker di rumah masing-masing dan pengumpulannya dikirimkan ke salah satu rumah anggota KKN yang dekat dengan Desa Pakisjajar, agar lebih mudah untuk melakukan distribusi kepada warga Desa Pakisjajar,” ujar Agesta selaku penanggung jawab proker 1000 masker, Rabu 27 mei 2020.

Proker 1000 masker diharapkan dapat memberikan timbal balik kepada masyarakat dalam upaya pencegahan Covid 19 terutama pada masa New Normal Malang Raya, distribusi 1000 masker dilakukan dengan III tahap diantaranya Tahap I : 250 Masker dibagikan kepada masyarakat penerima bantuan BLT. Tahap II : 400 masker untuk masyarakat Dusun Trajeng dan Tahap III : 350 masker untuk pelaku perekonomian pasar Pakis.

Distribusi masker tersebut dilakukan bersama bareskrim, babinsa Kecamatan Pakis serta perangkat desa yang ikut serta berpartisipasi dalam pembagian program kerja 1000 masker KKN Desa Pakisjajar.

“Masker memang perlu pada new normal ini, semoga selain pembagian masker saya harap ada edukasi kepada warga bahwasannya jika keluar rumah harap memakai masker dan patuhi protokol kesehatan,” Ujar Babinsa Sabtu 22 Juni 2020).

“Harapan saya, dengan kita bisa membagikan masker kepada masyarakat desa Pakisjajar dapat menambah pengetahuan dan merubah perilaku masyarakat terhadap pentingnya mencegah penularan covid 19.’’ Ujar Laili Koordinator Desa 17 Juni 2020.

“Saya sangat berterimakasih atas masker yang diberikan oleh adik-adik KKN(30/06/2020), telah peduli terhadap kami dan akhirnya saya mengetahui bagaimana bentuk masker yang sesungguhnya, karena saya sebelumnya belum pernah mengetahui,” Ujar salah satu warga desa Robyong kepada awak media zonaline news Malang Raya. (*Sam VG)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT