oleh

Catridge TCM Swab Sudah Tiba di Sikka, Minggu Depan Sudah Bisa Digunakan

Zonalinenews-Sikka,- Bantuan catridge untuk Test Cepat Molekuler (TCM) dari Kementerian Kesehatan untuk Kabupaten Sikka sudah tiba di RSUD T. C. Hillers Maumere Senin 15 Juni 2020.

“Catridge sudah tiba kemarin, sudah mulai dilakukan persiapan, besok hari rabu dan kamis ada pelatihan secara langsung dan dipandu oleh Kementerian Kesehatan untuk implementasi pemeriksaan sampel swab langsung di RSUD T. C. Hillers,”sebut Petrus Herlemus, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka.

Herlemus, melalui konferensi pers bersama wartawan di Posko Media Center, Selasa 16 Juni 2020 mengatakan ada 20 orang peserta yang mengikuti pelatihan besok nanti yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dan dari RSUD T. C. Hillers Maumere dan semuanya memiliki basic di teknik medik laboratorium, setiap harinya akan ada 5 orang yang bertugas di Laboratorium RSUD T. C. Hillers dan Laboratorium Kantor Dinas Kesehatan.

Lanjut Herlemus, mereka akan dipandu secara virtual oleh teknisi Kementerian Kesehatan untuk melakukan instalasi catridge pemeriksaan CTM swab.

Dikatakan Herlemus, ada 100 catridge yang dikirim dari Kementerian Kesehatan, sementara itu RSUD T. C. Hillers menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 untuk Flores-Lembata tetapi saat ini hanya ditunjukan Flores Timur dan Lembata saja karena Ende, Manggarai dan Manggarai Barat juga sudah didistribusikan catridgenya.

“Kabupaten Ende, Manggarai dan Manggarai Barat juga sudah didistribusikan catridgenya tetapi fasilitas pendukungnya belum siap, sementara Sikka yang paling siap saat ini karena sebelum catridgenyajelas datang, fasilitas pendukungnya sudah disiapkan,”jelas Herlemus.

Sementara itu menurut Herlemus, pemeriksaan sampel swab melalui CTM ini hanya 45 menit, lebih cepat dari pemeriksaa swab yang dilakukan selama ini di Laboratorium Biomolekuler W. Z. Johannes Kupang dan minggu depan ini kita sudah bisa gunakan untuk pemeriksaan swab melalui CTM ini.

“Kita juga akan terus melakukan tracking untuk yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dan lebih cepat lagi melakukan deteksi untuk pemeriksaan rapid test sehingga setiap 3 hari kita akan melakukan swabm” ungkap Herlemus.(*Erick/Rita)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT