oleh

DBD Masih Merebak Saat Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sikka

Zonalinenews-Sikka,- Sejak diberlakukan pencabutan Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD pada tanggal 17 Maret 2020, hingga saat ini masih terdapat kasus Demam Berdarah (DBD) yang melanda Kabupaten Sikka.

Tercatat selama masa DBD yang melanda Kabupaten Sikka, sudah ada 1396 kasus dan 14 orang meninggal.

Sementara itu, hingga hari ini, 2 Juni 2020 masih ada 4 orang pasien DBD yang berada di RSUD T. C. Hillers Maumere yang terdiri dari 2 orang dewasa di Ruang Flamboyan dan 2 orang anak-anak di Ruang Melati. Sementara 1 orang lainnya sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan Senin, 1 Juni 2020.

Sekitar pukul 12.00 Wita.

Siang ini, 2 Juni 2020 media zonalinenews.com mewawancarai beberapa pasien DBD yang dirawat di RSUD T. C. Hillers.
Asni, Ibu kandung dari pasien A (4 Tahun) salah satu pasien DBD yang dirawat di Ruang Melati mengatakan anaknya sudah 3 hari dirawat karena mengalami panas tinggi dan trombositnya turun.

Pasien tersebut berasal dari Desa Kloangpopot, Kecamatan Doreng.

Sementara itu, Nina, ibu dari seorang pasien DBD lainnya yang berasal dari Wairbubuk, Kelurahan Wairotang, Kecamatan Alok Timur, juga menyampaikan kalau mereka sudah selama 2 hari berada di RSUD T. C. Hillers.

Menurut Nina, anaknya juga mengalami penurunan trombosit dan panas tinggi sehingga harus dirawat karena ada gejala penularan DBD.

Salah satu pasien DBD asal Desa Darat Pantai, Kecamatan Talibura juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa panas tinggi sehingga dibawah ke Puskesmas Watubaing dan dirawat sehari.

Hingga kemarin, 1 Juni 2020 dirujuk ke RSUD T. C. Hillers karena mengalami DBD.

Petrus Herlemus, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka yang ditemui di Kantor Dinas Kesehatan, hari Selasa 2 Juni 2020 mengatakan bahwa kita daerah endemi jadi pasien DBD pasti tetap ada di setiap kecamatan.

Dirinya juga mengatakan penanganan terus dilakukan melalui puskesmas-puskesmas, dan tim teknisnya juga bergerak cepat untuk menanangi kasus DBD ini.

Sementara itu juga, alat fogging juga sudah diserahkan ke semua puskesmas jadi penanganannya bisa langsung ke puskesmas terdekat.(*Erick)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT