oleh

Di Tengah Pandemi Covid-19 Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Luncurkan SUPERSIP

Zonalinenews-Malang Raya,- Kasus positif Covid-19 yang masih terus bertambah di Indonesia saat ini sangat merugikan berbagai sektor kehidupan, salah satunya yaitu sektor ekonomi. Banyak perusahaan swasta dan pabrik yang mulai melakukan perampingan karyawan sehingga sebagian besar masyarakat mulai kehilangan pekerjaan sedangkan mereka tetap harus bertahan hidup.

Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan ke berbagai daerah di Indonesia untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 sehingga nantinya pihak daerah perlu menyalurkan bantuan tersebut secara tepat sasaran.

14 mei 2020 Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) melakukan koordinasi dengan kepala desa di Balai Desa Pakisjajar, Kabupaten Malang.

Dalam pandemik Covid-19, Sudarmaji selaku Kepala Desa Pakisjajar mengatakan bahwa salah satu hal yang sangat dibutuhkan saat ini adalah data penduduk calon penerima bantuan karena setiap bantuan memiliki persyaratan atau kriteria yang berbeda-beda agar bantuan tersebut dapat tersalurkan secara tepat pada orang yang memenuhi kriteria penerima bantuan.

Tidak kehabisan ide, Song Song Wicaksono (FIS), Setya Nugraha P (FT), Dwi Arifatun Nisa’ (FIS), Kornelia Agata Sari (FE), dan Tri Indah Setia (FE) yang merupakan anggota KKN Universitas Negeri Malang Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang diketuai oleh Ni’matul Laili (FIK) yang sekaligus juga anggota Lentera Kcamatan Singosari dengan mendapatkan bimbingan dari Drs. Solichin, S.T., M.Kes membuat sebuah aplikasi pendataan penduduk yang bernama SUPERSIP.

Sistem Untuk Penyimpanan Arsip (SUPERSIP) masih terbilang baru, namun aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan yang berbeda dengan aplikasi pengarsipan pada umumnya. Aplikasi ini dibuat untuk membantu perangkat desa dalam pendataan penduduk, sehingga mereka dapat menyortir kriteria-kriteria tertentu terkait data penduduk guna mempermudah penyaluran bantuan nantinya.

Selain itu, SUPERSIP juga dilengkapi fitur pengarsipan surat dan dokumen. Sejalan dengan yang diungkapkan oleh Astri, salah satu pegawai di Kantor Desa Pakisjajar.

“Proses Pengarsipan di desa ini masih dilakukan secara manual sehingga jika ada aplikasi ini sangat memudahkan dalam proses menginput data di desa Pakisjajar”. Begitu pula yang disampaikan oleh bapak kepalas desa Sudarmaji yang sangat berterimakasih kepada teman-teman karena memudahkan dalam proses manajemen dokumen didesa Pakisjajar.

Anggota KKN UM Desa Pakisjajar berharap dengan adanya SUPERSIP ini dapat mempermudah penyaluran bantuan Covid-19 secara tepat sasaran serta mempermudah pekerjaan perangkat desa dalam melakukan pengarsipan.
Sampai berita ini di terbitkan awak media zonaline news,semua elemen masyarakat dan birokrasi serta akademisi bisa saling bersinergi sampai masa pandemi selesai.(*sam VG)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT