oleh

Jumlah Ibu Hamil di Sikka Meningkat Saat Pandemi Corona

Zonalinenews-Sikka,- Di masa pandemi corona yang sedang melanda negara ini, banyak orang memutuskan tidak bepergian kemana-mana karena takut dan khawatir terhadap penyerangan wabah virus corona yang tidak bisa dilihat oleh kasat mata itu.

Hal ini juga dilakukan kebanyakan orang karena mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap stay at home (tinggal di rumah). Aktifitas pun tidak dijalankan secara normal setiap harinya, sehingga intensitas suami-istri dan keluarga kebanyakan terjadi di rumah saja.

“Corona yang negatif, istri yang positif,”
Mungkin itu istilah yang cocok dimasa pandemi corona ini, karena terjadi peningkatan jumlah produktifitas ibu-ibu hamil di Kabupaten Sikka.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus, jumlah kehamilan yang terjadi saat ini sekitar 400 orang lebih.

Dirinya juga mengatakan tiap bulan biasanya sekitar 300 lebih orang yang mengalami kehamilan tetapi semenjak masa pandemi corona ini meningkat menjadi 400 orang lebih setiap bulannya.

Herlemus, yang ditemui saat mendampingi Bupati Sikka meninjau pengerjaan Ruang Isolasi Kabupaten, Selasa 2 Juni 2020 juga menambahkan ini terjadi karena banyak yang dirumahkan dan aktifitas tidak berjalan normal, kalau aktifitas normal tentu kebanyakan orang pasti sibuk dengan rutunitas mereka masing-masing.

“Sementara ada lockdown, lockhome jadi semuanya di rumah saja, semuanya dikerjakan di rumah termasuk meningkatnya ibu hamil,”jelas Herlemus.

Herlemus menyatakan kalau itu hak dari setiap orang, untuk hamil atau tidak.
Tetapi dirinya juga menghimbau agar selama masa pandemi corona ini, ditunda dulu kehamilannya sehingga bisa dilakukan pencegahan penularan Covid-19 melalui transmisi lokal.

“Jangan sampai ada penularan Corona saat proses persalinan nanti.

Selama ini kita tetap memberikan himbauan dan promosi kesehatan agar menunda dulu proses kehamilannya, “ucap Herlemus.(*Erick)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT