oleh

Kabar Gembira RSUD T. C. Hillers Maumere Bersiap lakukan Pemeriksaan Sampel Swab

Zonalinenews-Sikka,- Pemeriksaan sampel swab atau yang lebih dikenal dengan Test Cepat Molekuler (TCM) dalam minggu ini akan mulai dioperasikan di RSUD T. C. Hiilers Maumere, Kabupaten Sikka.

RSUD T. C. Hillers Maumere sejak awal sudah ditunjuk sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid-19 untuk daratan Flores-Lembata, sehingga sebagai Rumah Sakit Rujukan dianggap perlu untuk mempunyai alat pemeriksaan sampel swab sendiri dan hal ini juga sudah direncanakan dari awal sejak wabah pandemi Covid-19 ini merebak ke Propinsi NTT bahkan ke Kabupaten Sikka.

Hal ini dikatakan Petrus Herlemus, Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka bahwa Catridge untuk instalasi alat pemeriksaan sampel swab sudah dikirim dari Jakarta dan saat ini sudah tiba di Kupang.

“Tadi saya sudah dihubungi Kepala Dinas Kesehatan Propinsi NTT bahwa catridgenya sudah tiba di Kupang, sehingga paling lambat besok sudah sampai di Maumere,”ungkap Herlemus.

Dijelaskan Herlemus, setelah catridge sampai di Maumere akan diinstalasi dan digunakan untuk pemeriksaan sampel swab sedaratan Flores-Lembata karena RSUD T. C. Hillers ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Propinsi NTT.

Dirinya juga menyampaikan kalau logistik pendukung pemeriksaan sampel swab mulai Selasa 9 Juni 2020 sudah disiapkan di ruang pemeriksaan RSUD T. C. Hillers.

“Kalau cartridge datang, kita tinggal menghubungi tenaga teknis untuk memandu melakukan instalasi peralatannya sehingga dalam waktu dekat ini kita bisa melakukan pemeriksaan sampel swab sendiri,” jelas Herlemus.

Sementara itu, Herlemus juga menambahkan untuk 17 pasien positif Covid-19 yang masih berada di Ruang Isolasi akan dikirim lagi sampel swabnya ke Kupang pada hari Jumad, 12 Juni 2020 tetapi jika dalam waktu satu atau dua hari ke depan, catridge untuk pemeriksaan sampel swab sudah terinstal maka kita akan memulai melakukan pemeriksaan sendiri di RSUD T. C. Hillers Maumere sekaligus pemeriksaan sampel swab untuk Daratan Flores-Lembata lainnya.(*Erick/ Rita S)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT