oleh

Memberikan Pelayanan Maksimal, Kesejahteraan Petugas Poli Covid-19 Ditelantarkan Dinas

Zonalinenews-TTS,- Hasil uji petik Panitia Khusus (Pansus) LKPJ DPRD Timor Tengah Selatan (TTS), Senin 15 Juni 2020 pada puskesmas kota ternyata aspek medis dan aspek kemanusiaan, diabaikan dinas kesehatan kabupaten TTS dalam memperhatikan para petugas poli covid-19.

Disampaikan Drg Yulian Palar, setiap kali melakukan rapid test. Personil yang menangani berjumlah 11 orang mulai dari dokter, perawat hingga cleaning service

Dan hingga saat ini telah dilakukan rapid test terhadap 274 orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien dari toko sederhana, dan 4 orang dinyatakan reaktif sedangkan sisanya non reaktif.

Memprihatinkan keadaan para petugas poli covid-19, dimana setiap kali melakukan rapid otomatis tidak boleh pulang ke rumah dan wajib dilakukan karantina pada ruang karantina puskesmas Soe.

Ketika melakukan karantina, para petugas harus patungan untuk kebutuhan makan minum. Uang harian yang katanya akan diberikan kepada setiap petugas setiap kali rapid ternyata hingga saat ini hanyalah jadi informasi penyemangat saja.

Dokter Yulian menuturkan informasi yang diperoleh dari Dinas kesehatan TTS setiap kali rapid maka uang harian per orang 200 ribu dan uang transport per orang 150 ribu. Namun sudah 11 kali mereka lakukan rapid, tidak pernah diberikan hingga saat ini.

Terhadap kondisi tersebut, ketua Pansus lkpj Marthen Tualaka menanggapi kalau pansus akan mengundang kadis kesehatan bersama ketua covid19 TTS untuk mengklarifikasi informasi tersebut dan juga pansus akan mendesak agar segera dicairkannya dana covid-19 pada dinas kesehatan untuk selanjutnya didistribusi kepada para petugas poli covid19.

“Bagaimana para petugas kerja maksimal, kalau kesejahteraan mereka sendiri tidak diperhatikan. Dengan kerja seperti ini, tidak akan menghentikan covid19 di kabupaten TTS,” ujar Marthen.

Lanjut Marthen, mengapa dana covid19 belum dicairkan, dan mau menunggu momentum apa baru akan dicairkan. Dokter dan para medis bersusah payah dalam memberikan pelayaan tapi kesejahteraan mereka tidak diperhatikan. Dan ini akan sangat fatal karena bisa saja akan ada proses pembyaraan dalam penanganan apalagi di masa New Normal saat ini. (*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT