oleh

PKB TTS Melayani Mereka yang Tak Terlayani, Temukan Mereka yang Tak Terjangkau

Zonalinenews-TTS,- Hasil uji petik lapangan, DPRD TTS Egy Usfunan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) di kecamatan Kuatnana beberapa waktu lalu, ternyata ditemukan sejumlah orang tidak waras yabg selama ini luput dari perhatian negara dan pemerintah daerah khususnya Dinas Sosial TTS.

Dari uji petik lapangan tersebut, di dapat data penyebaran orang tidak waras yang tersebar didesa Lakat 6 orang, Naukae 1 orang, Tubmonas 2 orang O’of 2 orang dan Tetaf 3 orang.

Kepada Zonalinenews Kamis 4 Juni 2020, Wakil Ketua DPRD TTS , Egy Usfunan berharap baik dari desa maupun Dinas Sosial TTS segera mendata orang kurang waras yang ada, agar diupayakan penanganannya oleh Dinas Sosial TTS untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) agar diterapi.

“Dinas Sosial TTS harus pro aktif untuk mendata mereka orang kurang waras atau orang gila dan dibawa ke RSJ untuk diterapi, dan itu adalah hak mereka sehingga negara melindungi mereka dan mengurus mereka,” ungkap Egy.

Tidak adanya laporan atau data tentang mereka orang kurang waras berada di desa mana-mana saja, Sehingga kita tidak tahu. Namun kalau Dinas Sosial serius mendata dan mengupayakan membantu pemulihan mereka, mungkin akan lebih baik

Kakarena tidak pernah orang kurang waras atau sakit jiwa yang sedang sakit dan perlu diperhatikan oleh negara, memberitahu orang lain kalau dirinya sedang sakit dan butuh perhatian negara dan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Sosial.

“Bayangkan kalau orang kurang waras atau sakit jiwa adalah tulang punggung keluarga, atau sebagai pencari nafkah bagi istri dan anak anaknya. Maka otomatis akan ada dampak yang luar biasa terhadap keluarganya, karena hilangnya sumber penghidupan bagi mereka.

Dan akan lebih fatal lagi, kalau orang tidak waras atau orang gila adalah kepala keluarga, tidak menutup kemungkinan, mereka didiskriminasi dan dipinggirkan dari interaksi sosial kemasyarakatan.

Dan juga dapat saja berbagai jenis bantuan sosial, mereka tidak dapat karena dianggap gila. Ini akan menjadi aneh, karena sesungguhnya siapa yang tidak waras atau kurang waras? Ungkap Egy

Sehingga selaku wakil ketua dprd tts dan j7ga ketua dpc PKB TTS berusaha mencari dan menemukan mereka yang tak terjangkau dan melayani mereka yang tak terlayani,” tutup Egy. (*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT