oleh

Presiden Direktur PT YKI Sebut Tidak Ada Relokasi dan Pengusuran Pedagang Tingkat Maumere

Zonalinenews-Sikka,- “Tidak ada relokasi, tidak ada penggusuran, tetap mereka berdagang terus disitu sambil dibangun,”hal ini dikatakan Presiden Direktur PT. Yasonus Komunikatama Indonesia (YKI), Yamanotona B. Laze dalam keterangan pers bersama media, Sabtu 6 Juni 2020.

“Tidak ada relokasi, tidak ada pengusuran, tetap mereka berdagang terus disitu sambil dibangun,” jelas Yamanotona. Pernyataan Yamanotona tersebut terkait dengan sikap Forum Komunikasi Pengguna Pasar Maumere yang menolak pembangunan mall dan hotel di Pasar Tingkat Maumere.
Aksi penolakan forum berlangsung di depan gedung dan juga di dalam ruang sidang DPRD Kabupaten Sikka, Jumat 5 Juni 2020.

Sementara Yamanotona menjelaskan pekerjaan ini dilakukan sepenuhnya oleh pihaknya dari PT. YKI dengan join saham 60 persen untuk kami, 40 persen untuk Pemda Sikka dan soal retribusi pasar itu menjadi haknya Pemda Sikka dan bukan wewenangnya.

“Yang menjadi haknya kami hanya mall dan hotel, soal pasar itu kembali ke pihak Pemda Sikka,” sebut Yamanotona.

Dirinya juga mengatakan bila para pedagang Pasar Tingkat tidak setuju dengan pembangunan mall dan hotel, mungkin pihaknya akan mencari lokasi baru untuk pembangunan tersebut tetapi masih tetap dalam wilayah Kabupaten Sikka.

“Kalau kami mencari tanah dan membangun sendiri berarti Pemda Sikka hanya mendapatkan retribusi dari kami pertahun tetapi kalau ada kerja sama dengan Pemda Sikka berati PAD per tahunnya semakin meingkat karena ada join 40 persen dengan kami dan ini kontrak kerjanya selama 30 tahun bersama Pemda Sikka,” ungkap Yamanotona.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sikka Donatus David dalam keterangan persnya juga mengatakan warga pengguna Pasar Tingkat Maumere mungkin belum memahami secara utuh tentang penjelasan dari PT. YKI pada rapat di DPRD Sikka kemarin 5 Juni 2020.

“Dinamika yang terjadi, mereka agak kecewa kemarin kalau terjadi pembangunan mall dan mereka direlokasi, sehingga ini menjadi peran penting dari Pemda Sikka untuk memberikan sosialisasi kepada mereka,”ungkap Donatus.

Dirinya menambahkan, Senin, 8 Juni 2020 nanti DPRD Sikka akan kembali melakukan rapat dengan PT. YKI dan pengguna Pasar Tingkat sehingga harapan kami semoga warga pengguna Pasar Tingkat Maumere bisa lebih paham dan mengerti saat mendengarkan penjelesan yang lebih terperinci dari PT. YKI hari senin nanti.

“Kami dari DPRD Kabupaten Sikka juga mendukung pembangunan mall dan hotel di Pasar Tingkat tetapi kalaupun terjadi pembangunan di tempat lain, kami tetap mendukung,”ungkap Donatus.(*Erick/Rita S)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT