oleh

Sikka Akan Miliki Alat Pemeriksaan Swab Sendiri

Zonalinenews-Sikka,- Wakil Gubernur Nusa Tenggaera Timur (NTT) Josef Nae Soi, Kamis 4 Juni 2020 melakukan kunjungan kerjanya ke Maumere, Kabupaten Sikka. Dalam kunjungan tersebut, Wagub datang bersama Ibu Maria Fransisca Djogo Nae Soi dan beserta rombongan.

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi NTT, Dominikus Minggu Mere yang ikut dalam rombongan tersebut, menyempatakan diri untuk diwawancara oleh beberapa wartawan.

Kepada wartawan Dominikus mengatakan dalam waktu dekat ini akan ada alat test molekuler sampel swab untuk Kabupaten Sikka.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, selama ini Dinas Kesehatan Propinsi NTT sudah berkoordinasi terus dengan Gugus Tugas Covid-19 Nasional, Kementerian Kesehatan dan Dirjen Pemberantas Penyakit (P2) sehingga secepatnya alat test swab tersebut bisa didatangkan dari Jakarta dan diprioritaskan untuk RSUD T. C. Hillers Maumere.

“Selama ini pemeriksaan sampel swab terjadi di Kupang jadi prosesnya agak lama, sehingga kita usahakan ada lagi untuk Regional Flores yaitu di Maumere sehingga pemeriksaan lebih cepat lagi,” jelas Dominikus.

Namun Dominikus juga menyampaikan kalau sekarang masih terkendala di penerbangan karena kita harus mendatangakan orang dari Jakarta untuk menginstal catrick agar bisa digunakan untuk test cepat molekuler nanti.

Soal alat test cepat swab tersebut, dirinya juga membeberkan kalau alat tersebut berasal dari alat deteksi penyakit TBC yang dimodifikasi dengan memakai catrick sehingga bisa digunakan untuk pemeriksaan sampel swab Covid-19.

Sementara itu dirinya juga berbicara mengenai transmisi lokal yang terjadi di Propinsi NTT dimana daerah-daerah yang telah terjadi transmisi lokal yaitu Kota Kupang, Kabupaten Ende, Kabupaten Nagekeo dan Kabupaten Manggarai Barat.

Wagub berharap jangan terjadi transmisi lokal untuk Kabupaten Sikka.

“Untuk data pasien positif Covid-19, hingga kemarin 3 Juni 2020 terdapat 99 kasus positif Covid-19, 20 orang sudah dinyatakan sembuh termasuk dari Kabupaten Sikka 6 orang dan 1 orang lainnya meninggal dunia sehingga sampai sekarang masih ada 73 pasien yang positif yang dirawat diberbagai rumah sakit di Propinsi NTT,”ungkap Dominikus.(*Erick)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT