oleh

Di Tengah Pandemi, Mahasiswa KKN UM Desa Pakisjajar Beraksi melalui Pembelajaran Online

-Tak Berkategori

Zonalinenews malang – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir hingga saat ini. Banyaknya korban yang berjatuhan akibat penularan lewat kontak langsung manusia yang terjadi di berbagai kegiatan sosial, menjadi penyebab terbesar menyebarnya virus ini.

Penanganan wabah yang rumit dan masih belum ditemukannya vaksin untuk mencegah dan menyembuhkan virus ini, maka para pemimpin di dunia membuat kebijakan-kebijakan sebagai upaya memutus penyebaran covid-19.

Social distancing dan physical distancing menjadi salah satu kebijakan yang diterapkan di negara kita Indonesia. Keberhasilan kebijakan social distancing sangat ditentukan dari pasrtisipasi dan kesadaran masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah, membatasi, menunda dan meliburkan aktifitas public seperti sekolah dan perkantoran.

Kebijakan tersebut membawa dampak yang luar biasa di berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan.
Pemerintah dan para pendidik berusaha agar proses belajar mengajar dapat terus berjalan meskipun para peserta didik di haruskan tetap berada dirumah.

Bahkan tak hanya pemerintah yang sadar dan peduli pada dampak yang terjadi namun juga berbagai lapisan masyarakat. Salah satunya ialah mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang ada di Desa Pakisjajar. Tingginya semangat anak-anak MI dalam mencari ilmu namun terhalang pandemi mendorong mahasiswa KKN UM untuk membuat alternatif pembelajaran yang dilakukan secara online.

29 Juni 2020 Sudarmaji, selaku Kepala Desa Pakisjajar memberitahukan bahwa selama pandemi terjadi, sekolah diliburkan yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar disekolah terganggu.

Selama ini, pembelajaran di MI masih sangat terbatas dan dilakukan secara offline.Hal tersebut mendorong M. Syaiful Faristyan, Titah Amalia, Nabela Ariana, Halimatus Sya’Diah, dan Ni’matul Laili membuat perangkat pembelajaran online.

Perangkat pembelajaran online yang dibuat terdiri dari berbagai materi yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh MI yaitu K13. Alternatif pembelajaran online yang ditawarkan berupa berbagai PPT interaktif yang dapat digunakan oleh para guru MI di kelas rendah untuk melakukan pengajaran secara online melalui aplikasi online yang selama ini digunakan.

Ditemui di kediamannya, 20 Juni 2020 Nidhom selaku salah satu guru MI berharap PPT interaktif yang telah dibuat oleh para mahasiswa dapat membantu terlaksananya pembelajaran online serta memudahkan para guru dalam proses belajar mengajar di rumah.

Senin 01 Juli 2020
Hingga berita ini di terbitkan awak media zonaline news malang raya ikut serta mengawal kegiatan mahasiswa UM agar menjadikan motivasi bagi seluruh elements yang ada di kabupaten Malang dan Indonesia pada umumnya hingga masa pandemi berakhir. (*Sam VG)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT