oleh

Puskesmas Manufui Layani Pasien Tanpa Dokter dan Tenaga Apoteker

Zonalinenews- TTS,- Mengapa Dokter menumpuk di kota,? Pertanyaan sinis dari ketua Pansus DPRD TTS kepada semua yang hadir di Puskesmas Manufui kecamatan Santian Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Senin 30 Juni 2020.

Diakhir tahun 2016, Puskesmas Manufui melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tanpa dokter setelah kepergian dokter John Benggu, kata salah satu perawat yang tak mau namanya dipublikasi.

Pelayanan seadanya bagi masyarakat, obat pun diberikan tanpa rekomendasi dokter. Asal masyarakat dapat obat dengan harapan semoga sembuh.

Itulah harapan para medis di puskesmas manufui ketika dikunjungi tim pansus DPRD TTS.

Selain membutuhkan tenaga dokter, para medis sangat membutuhkan tenaga Apoteker.

Semangat pelayanan kesehatan para medis di puskesmas manufui patut diacungi jempol, walau mereka lupa kalau salah memberi obat akan di cap melakukan malpraktek.

Kepada tim pansud DPRD, Yani Laos mengungkapkan, sebagai masyarakat, mereka menikmati pelayanan kesehatan yang ada. Namun masyarakat manufui merindukan perbaikan jalan.

“Pelayanan kesehatan, sebagai masyarakat, kami dilayani dan kami anggap baik. Namun kami merindukan perbaikan jalan agar kami juga bisa menikmati pembangunan yang adil,” kata Yani Laos.

Ketua Pansus DPRD TTS, Marthen Tualaka kepada para medis dan masyarakat menyampaikan agar dalam melayani akan kesehatan masyarakat, juga perlu menjaga akan konsekwensi pelayanan.

Karena akan berdampak hukum ketika ada kesalahan.

Demikian pula Uksam Selan selaku wakil ketua pansus, berharap pelayanan kesehatan bagi masyarakat di puskesmas manufui yang dengan segala keterbatasan yang ada, namun tetap selalu berkoordinasi dengan dokter rumah sakit umum Soe untuk mendapatkan petunjuk pemberian obat. (*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT