oleh

Tim Gegana Polda NTT Amankan Mortir Yang Ditemukan Warga Kota Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Brimob Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) amankan sebuah mortir yang ditemukan oleg warga Rt 27 / Rw 10 Kelurahan Belo, Kecamatan Maulafa Kota Kupang NTT, Rabu 29 Juli 2020 sekira pukul 13.30 wita.

Mortir yang diduga peningalan tentara Jepang pada perang dunia kedua tersebut langsung dievakuasi oleh Tim Gegana Brimob Polda NTT untuk dilakukan indentifikasi lebih lanjut.

Kaplsek Maulafa, AKP Jerry Puling mengungkapkan, mortir tersebut ditemukan oleh warga 27 / Rw 10 Kelurahan Belo, Kecamatan Maulafa Kota Kupang Yistis Salli (60) di kebun miliknya dengan kondisi tertutup semak – semak sekira pukul 10.30 wita. Menurut dia, ketika ditemukan mortir tersebut langsung dipindahkan di bawa pohon tepatnya disamping rumah. “Jadi disaat dia temukan mortir ini dia tidak tau kalau barang ini mortir. Sehingga dia pindahkan benda ini di samping rumah miliknya,” kata Jerry kepada wartawan di lokasi tersebut.

Dia mengatakan, ketika warga menemukan benda yang diduga bahan peledak seperti ini jangan disentuh karena barang tersebut sangat berbahaya. “Barang ini sudah berpindah tempat. Yang mana ditenukan di kebun langsung dipindahkan ke halaman rumahnya. Andai saja barang itu ketika disetuh dia meledak, maka bisa membahayakan diri sendiri,” ungkap Jerry.

Dia berharap, apabila warga menemukan benda seperti ini langsung segera melaporkan ke pihak Rt dan pihak kepolisian sehingga bisa dilakukan evakuasi sesuai dengan prosedur penanganan bahan peledak oleh Tim Gegana. “Untuk menagani hal seperti ini Tim Gegana yang paling mengerti,” jelas Jerry.

Dia menambahkan, saat ini barang tersebut masih dilakukan identifikasi lebih lanjut oleh Tim Gegana Polda NTT agar bisa diketahui apakah mortir tersebut masih aktif atau tidak. (hayer/jawit)  

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT