oleh

2019 Satgas Pamtas RI – RDTL Amankan 18 Pucuk Senjata Api Dari Masyarakat

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Selama tahun 2019 sebanyak 18 pucuk senjata api baik itu rakitan maupun pabrikan serta manunisi yang diamankan oleh Satgas Pamtas RI – RDTL dari masyarakat. “Senjata api yang kita sita dari masyarakat di daerah perbatasan RI – RDTL itu kemungkinan sisa – sisa jaman dahulu,” kata Pangdam IX / Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara kepada wartawan usai kagiatan  upacara penerimaan Satgas Pamtas RI – RDTL sektor barat Yon Armed 3/105 tarik, Satgas Intel dan Satgas Bantuan periode Agustus 2020 – April 2021, pada Kamis 6 Agustus 2020, sekira pukul 14.00 wita di Lapangan Upacara Mako Lantamal VII/ Kupang.

Menurut Pangdam IX / Udayana, sebagian besar senjata api yang diamankan Satgas Pamtas RI – RDTL tersebut merupakan hasil penyerahan sendiri oleh masyarakat. Sebab, tingkat kesadaran masyarakat di daerah perbatasan sudah tinggi. “Jadi senjata – senjata api ini diserahkan sendiri oleh masyarakat kepada Satgas Pamtas RI – RDTL,” ungkapnya.

Selain itu Pangdam IX / Udayana mengatakan, di wilayah perbatasan masih sering ditemukan barang – barang ilegal. “oleh karena itu kami membatu pihak kepolisian setempat untuk mencegah terjadinya penyelundupan,” ujarnya.

Pangdam IX / Udayana berharap, pasukan Satgas Pamtas RI – RDTL yang baru ini betul – betul bisa menjaga kedaulatan negara dan bangsa RI serta menjamin keselamatan masyarakat kita yang ada di daerah perbatasan. “Saya berharap Satgas Pamtas RI – RDTL baru ini bisa bertugas lebih baik dari Satgas sebelumnya,” katanya.

Pangdam IX / Udayana berharap menjelaskan, kunci pembinaan yang dilakukan oleh Satgas Pamtas RI – RDTL kepada masyarakat berupa bantuan atau sentuhan dari pos – pos yang ada di perbatasan. “Yang sudah dilakukan Satgas saat ini adalah bakti sosial, karya bakti sepeti memperbaiki rumah – rumah masyarakat yang kurang mampu dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat,” paparnya.

Pangdam IX / Udayana menambahkan, sering ditangkap oleh Satgas Pamtas RI – RDTL adalah sembako, sedangkan senjata api tersebut adalah hasil dari pembinaan. Sehingga masyarakat dengan suka rela dan sadar menyerahkan sendiri kepada Satgas Pamtas RI – RDTL. “Jadi kesadaran masyarakat untuk meneyerahkan sendiri senjata api ke pos – pos itu karena masyarakat sudah mendapat pembinaan teroterial dari pos – pos Satgas Pamtas RI – RDTL,” tutupnya. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT