oleh

Belajar Secara Daring Kurang Efektif Dan Membosankan


ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Belajar secara daring bagi siswa – siswi di tengah pandemi Corona atau Covid – 19 saat ini dinilai sangat tidak efektif dan sangat membosankan. Hal ini dirasakan salah satu siswi Kelas 9 di SMP Negeri 4 Kota Kupang Jennifer Maya Floris.

Menurut dia, belaja secara daring tidak efektif karena murid sangat kesulitan interaktif tanya jawab antara guru dan murid dibandingkan dengan belajar tatap muka di sekolah secara normal.

Dia juga mengatakan, waktu belajar disaat sekolah normal lebih panjang dibandingkan dengan belaja secara daring. Sebab, belajar secara daring dalam satu hari murid hanya mendapatkan dua mata pelajaran. Namun, sekolah normal murid masih bisa mendapatkan tiga mata pelajaran sehari. “Dibandingkan belajar secara daring, lebih baik kita belajar secara normal disekolah saja. Karena belajar secara daring dalam sehari hanya dua mata pelajar yang kita dapan, dan waktu belajarnya juga sangat singkat. Masuk daring 07.17 wita selesai 09.55 wita, sedangkan kalau kita sekolah normal itu setiap hari itu tiga mata pelajaran dan masuk sekolah 07.15 selesai 12.30 wita,” ungkap Masa saat ditemui wartawan usai kegiatan belajar daring di kediamannya di Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu juga sistem pemanfaatan teknologi pada kegiatan belajar secara daring tersebut, kata dia sangat menyulitkan murid, karena penggunaan melalui Google Class Room masih menjadi kendala bagi para murid. “Kita mengunakan satu unit HP untuk masuk ke Google Class Room sangat sulit, karena ketika sudah masuk ke Google Class Room dan kita keluar untuk mencari soal jawaban yang diberikan guru kepada kita itu lambat. Sehingga untuk mempermudah mengejarkan soal – soal yang diberikan guru, kita harus mengunakan dua unit HP agar lebih cepat dan lebih efektif,” ungkap Maya.

Dia menambahkan, belajar sacara daring juga sangat menguras ekonomi orang tua, dibandingkan dengan belajar di sekolah secara normal. “Belajar daring sangat makan kuota internet di HP, karena setiap tiga hari satu kali oarang tua saya harus menghabiskan ratusan ribu untuk kuota internet saya. Itu baru kuota untuk saya belum kuota unternet yang harus dikeluarkan orang tua saya untuk adik dan kakak saya,” jelas Maya dengan nada polos sambil tersenyum. (*hayer)


Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT