oleh

Ingin Merasakan Yang Dialami Para Guru Saat Belajar Jarak Jauh, Kadis Pendidikan Kota Kupang Rela Jalan Berjam-Jam

Zonalinenews-Kupang,- Tak mau hanya duduk di belakang meja Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Dumuliahi Djami rela jalan kaki berjam-jam, menelusuri rumah ke rumah, kampung ke kampung bahkan lorong terjal sekalipun dijalani dengan senang hati.

Hari itu Selasa, 16 September 2020 sekira pukul 13.00 wita saat itu panas terik amat terasa menyengat kulit.

Terlihat tubuh tambun kekar itu dia adalah Drs Dumuliahi Djami Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang. Nampak sesekali mengambil kain kecil dari sakunya sambil menyekah peluh yang membasahi sebagian tubuhnya yang kekar itu.

Meskipun demikian di salah satu lorong dekat SDN Oeba 1 ia terus melangkahkan kaki walaupun sesekali terasa napas terus mengayuh menandakan telah kecapaian mengayunkan langkah menanjak menuju kelompok belajar siswa.

Saat itu Kadis Dumuliahi, hanya ditemani, Kepala Sekolah SDI Oeba 1 Veronika Mai dan salah seorang Pengawas Sekolah pada dinas itu, Luis Soares serta seorang sopirnya Arifin Sabah. Ditemui di salah satu lokasi tempat berkumpulnya siswa di RT 22 RW 9 Kelurahan Oeba saat itu sedang berlangsung tatap muka antara siswa dan seorang guru dengan memanfaatkan ruang depan rumah seorang warga sekitar. Sambil menegur sapa saat itu Kadis Pendidikan apresiasi para guru di sekolah itu serta beberapa sekolah yang didatangginya.

Karena saban hari para guru yang adahlah pahlawan tanpa jasa setiap hari rela berjalan kaki berjam-jam menemui anak-anak dari lorong ke lorong dan dari rumah ke rumah.

“Saya apresiasi teman-teman guru di lapangan yang setiap hari berjalan kaki berjam-jam hanya untuk menemui anak didik yang adalah tugas mereka, ini yang membuat saya terdorong untuk turut merasakan apa yang mereka rasakan tak hanya sekedar monitoring,” pungkas Dumul.

Ia berharap orang tua bekerjasama memperhatikan apa yang dibutuhkan anak-anak guna memperlancar kegiatan belajar jarak jauh atau belajar dari rumah.

Sedangkan kepada para semua guru di Kota Kupang Dumul juga mengharapkan agar proses belajar dari rumah secara off line maupun on line agar guru tidak menekankan ketuntasan belajar secara korikulum. Tetapi supaya guru bisa menciptakan suasana senang kepada anak agar anak-anak bisa dengan enak dan senang mengikuti proses belajar dimaksud.

“Saya harap teman-teman guru bisa menciptakan suasana belajar yang bisa anak enak mengikutinya, dan terimakasih juha kepada orang tua yang rela meluangkan waktu serta tempt untuk anak bisa manfaatkan dalam proses belajar dari rumah,” harapnya. (*goe)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT