oleh

Yayasan FREN Gelar Sosialisasi PKH-LK di Desa Bheramari

Zonalinenews. Com, Ende -Yayasan Flores Children Development (FREN) Mitra ChildFund Internasional di Indonesia mengelar sosialisasi Pendidikan Kecakapan Hidup dan Literasi Keuangan di desa Bheramari kecamatan Nangapenda kabupaten Ende, Jumat 11 September 2020.

“Pendekatan Program berbasis tahapan hidup oleh Yayasan FREN mitra ChildFund memiliki beberapa program fokus pada masing masing tahapan salah satu adalah Pendidikan Kecakapan Hidup dan Literasi Keuangan ( PKH-LK ) bagi anak usia 6 – 14 tahun, “ungkap Frumensius Wegu selaku penanggung jawab program di wilayah Kabupaten Ende.

Lebih lanjut frumen sapaan akrabn Frumensius menjelaskan Yayasan FREN mitra ChildFund berfokus untuk memfasilitasi anak anak dalam tahap kehidupan ini untuk meningkatkan ketrampilan hidup sebagai modal utama membangun anak anak yang terdidik dan percaya diri.

Program PKH-LK sejak tahun 2018 kami sudah terapkan di 3 Lopo Cerdas yakni desa Jegharangga desa Manulondo dan Kelurahan Onelako serta 1 sekolah yakni SDI Lokoboko.

“Di tahun Fiscal 2020 /2021 kami ingin wilayah desa yang menjadi dampingan FREN mengenal Program PKH-LK dan dapat menerapkan di desa nya bukan saja anak dampingan FREN tapi untuk semua anak anak di desa nya melaui wadah Lopo Cerdas.

Belajar PKH-LK di Lopo Cerdas ataupun di sekolah mempunyai tujuan besar yaitu Remaja yang percaya diri dalam berpikir dan menghargai hidup untuk masa depan, ,”beber Frumen.

Dikatakan Frumen, mengapa PKH-LK penting karena kelompok usia anak akhir dan menjelang remaja adalah periode penuh konflik antara orang tua dan anak. Keinginan orang tua dan anak seringkali berbeda yang berujung semakin menjauhnya hubungan orang tua anak.

menurut Frumensiu, anak seringkali berjuang sendiri menghadapi beragam tantangan dalam kehidupannya dan situasi tersebut membuat anak dalam posisi rentan.

Setelah mendengarkan gambaran program serta pemutaran Video kegiatan PKH-LK kepala desa Bheramari kecamatan Nangapenda kabupaten Ende Pare Pua Salama, memberikan apresiasi kepada Yayasan FREN karena sudah datang untuk berbagi hal baik demi anak anak desa Bheramari.

“Kami sambut baik program ini. Saya dan pak Ketua BPD sebagai mitra sudah mendengarkan dan menyaksikan langsung dalam video bagaiman anak anak di latih dan di bentuk dengan berbagai kegiatan kegiatan positif.

Praktik baik yang dilakukan oleh 4 kelompok Lopo Cerdas ini menjadikan motivasi buat anak anak ku di wilayah ini kita juga bisa cetus pak kades dalam menyapa anak anak nya yang turut hadir dalam sosialisasi. kami akan membentuk Lopo Cerdas di desa ini,” ungkap kades.

Menurutnya, situasi Covid membuat anak benar benar terkurung.

“Insya Allah saya siap merekomendasikan fasilitator untuk di Lopo Cerdas harapan saya pihak Yayasan FREN memperkuat sumber daya fasilitator agar dapat menerapkan di anak anak di wilayah ini. Selama regulasi mengijinkan untuk pemberdayaan Anak kita siap fasilitasi dari dana desa,” pungkas Kades Pua Salama.

Hal senada disampaikan oleh Ketua BPD desa, Bheramari Silfester Kota, dirinya terharu dengan adik Gian fasilitator sebaya desa Manulondo sore ini sungguh luar biasa berbagi hal baik di depan adik adiknya anak anak kami di desa Bheramari.

“Sebagai lembaga mitra pemerintah desa kami menyambut baik program ini Sosialisasi PKH-LK,” tuturnya. (*Nasan Kua)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT