oleh

Pesona Alam Dusun Toba Manjakan Mata Wisatawan

Zonalinenews,Ende,- Kampung Toba merupakan salah satu kampung di kabupaten Ende yang terkenal dengan keindahan alamnya salah satunya air terjun murugolo terletak didesa Roga, Kecamatan Ndona Timur.

Air terjun Murugolo menawarkan pesonanya yang luar biasa,terletak ditengah-tengah hutan menjadikan air terjun murugolo berbeda dengan beberapa air terjun didaerah lain.

Ketua Orang Muda kampung Toba, Petrus Lta saat ditemui media dilokasi Senin (04/01/21) mengatakan air terjun murugolo ini sudah sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun asing tetapi sayangnya banyak dari mereka yag mengeluhkan akses jalan menuju air terjun.

Dakuainya Memang benar butuh perjuangan untuk sampai kesana tetapi saat ini dirinya bersama teman-teman orang muda disini sudah coba untuk membuka akses secara menual antara lain tangga dari bambu minimal wisatawan tidak tergelincir atau jatuh.

“Selama ini kalau ada tamu kami selalu mengantarnya ramai-ramai dan kami pastikan wisatawan aman, “ungkap Petrus Leta.

Ia menambahkan didusun toba ini banyak spot-spot wisata yang bisa dinikmati wisatawan selain air terjun yaitu air panas toba, wisata kopi, dan jalur tracking menuju danau kelimutu.

Dijelaskanannya wisatawan juga bisa belajar pola masyarakat tradisional karena disini semua masih sangat tradisional baik itu kehidupan sosial, maupun cara masyarakat manfaatkan potensi alam.

“Yang lebih unik disini adalah wisatawan bisa menikmati makan lokal disini yaitu uta damba (singkong campur daun kopi) dan ini tidak ada didaerah lain kecuali di dusun toba,” beber Petrus.

Petrus berharap ada sentuhan tangan pemerintah baik pemerintah kabupaten maupun pemerintah desa minimal akses jalan, karena kami masih sangat kesulitan ini bukan hanya menjadikan kampung toba itu sebagai tempat pariwisata namun disini juga punya hasil bumi yang melimpah namun terkendala akses jalan. (*OBY TANI)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT